Benarkah Makan Kurma Ketika Hamil Bisa Memperlancar Persalinan


Persalinan tidak diragukan lagi menjadi proses yang sangat menyakitkan dan melelahkan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang berjuang untuk bisa melahirkan secara lancar.

Ada banyak saran dan anjuran untuk mencapainya, salah satunya adalah dengan memakan kurma selama bulan terakhir kehamilan. Kurma kaya akan protein, serat, dan vitamin, dan terbukti secara ilmiah dapat membantu memperlancar persalinan.

Banyak riset yang menyebutkan kurma bisa berdampak positif pada proses persalinan. Salah satunya studi yang dipublikasikan dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology tahun 2017, demikian dikutip dari Times of India.

Studi ini dilakukan pada 154 wanita yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berisi 77 wanita yang makan 7 buah kurma setiap hari saat kehamilan usia 37 minggu dan kelompok kedua berisi wanita yang sama sekali tidak memakan kurma semasa hamil.

Hasilnya ditemukan kelompok wanita yang memakan kurma tidak mengalami gangguan persalinan dibandingkan dengan kelompok satunya. Dan mereka juga tidak terlalu membutuhkan okstosin (hormon yang menimbulkan kontraksi).

"Dari kesemuanya, 37 persen wanita yang memakan kurma membutuhkan oksitosin untuk membantu persalinan mereka, sementara di kelompok kedua ada 50 persen yang membutuhkannya. Namun belum jelas mengapa mengonsumsi kurma bisa memperlancar persalinan," tulis studi tersebut.

Para peneliti percaya bahwa kurma mungkin memiliki dampak mirip seperti oksitosin pada rahim sehingga bisa mempersiapkan untuk kontraksi. Akan tetapi perlu dicatat bahwa studi ini hanya dari populasi yang kecil, tidak masalah jika ingin mengonsumsi kurma karena kaya nutrisi dan tetap pantau jumlahnya.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Makan Kurma Ketika Hamil Bisa Memperlancar Persalinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel