Benarkah Emosi Bisa Merusak Organ Vital


Banyak beredar gambar yang menunjukkan bahwa emosi seperti, marah, sedih, khawatir, atau takut dapat membahayakan organ-organ vital tubuh, mulai dari jantung hingga ginjal manusia.

Dalam gambar tersebut disebutkan bahwa rasa marah dapat membuat liver atau hati rusak. Perasaan sedih dapat membuat sakit paru-paru. Sementara khawatir bisa membuat lambung sakit. Stres bisa membahayakan jantung dan otak, sedangkan rasa takut bisa membuat sakit ginjal.

Apakah itu benar? Atau hanya sekedar hoax belaka?

Sebuah penelitian pengobatan tradisional China yang dipublikasikan di US National Institutes of Health's National Library of Medicine mengungkapkan bahwa emosi bisa memengaruhi kesehatan tubuh, khususnya sistem saraf tepi bagian viseral.

Ada tujuh emosi yang disebutkan berkaitan dengan organ-organ vital manusia, yaitu kemarahan berkaitan dengan kesehatan hati, kebahagiaan berkaitan dengan kesehatan jantung, perhatian berkaitan dengan kesehatan jantung dan limpa, kesedihan berkaitan dengan jantung dan paru-paru, rasa sedih berkaitan dengan kesehatan jantung, ginjal, hati, dan kantung empedu, perasaan terkejut berkaitan dengan kesehatan jantung dan kantung empedu, serta kecemasan berkaitan dengan kesehatan jantung dan paru-paru.

"Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti, dari perspektif kedokteran Asia Timur, bahwa emosi terkait dengan organ viseral, sebuah temuan yang berbeda dari perspektif kedokteran Barat di mana emosi dipahami dalam hal hubungannya dengan daerah otak tertentu, seperti sebagai amigdala," tulis penelitian tersebut.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa jantung berkaitan secara signifikan dengan sebagian besar emosi. Dalam pengobatan Asia Timur, jantung dianggap sebagain pusat pikiran dan emosi.

"Jantung menyimpan 'pikiran' dan 'kesedihan, perhatian, kekhawatiran yang dapat merusak' menandakan peran jantung dalam pemrosesan pikiran dan emosi," tulis para ilmuwan.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Emosi Bisa Merusak Organ Vital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel